Upacara Memperingati Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni 2019

2019-06-01 00:00:00 51 Dilihat

SMKN 2 JAKARTA Menggelar Upacara
Memperingati Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni 2019

JAKARTA, GAMBIR– SMK Negeri 2 Jakarta  yang berada di Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, melaksanakan Upacara Penaikan Bendera merah putih dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni 2019 di halaman Sekolah, Sabtu, (1/6/2019).

Upacara berlangsung dengan hikmat dalam keadaan cuaca mendung dan dihadirin seluruh Anak didik dari semua jurusan yang ada, Tata usaha, Pengawai, Tenaga Pengajar dan Selaku pembina Upacara Kepala Sekolah SMKN Negeri 2 Jakarta.

Dalam amanat Pembina Upacara membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, tentang Pancasila sebagai dasar negara Indonesia yang bersumber dari sejarah dan merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa.

“Kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hinggailanjutnya, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang azasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “Bhinneka Tunggal Ika”,” terangnya.

Disambungnya, sesuai pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. Pertama, kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa.

“Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merelisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila.