Festival Bulan Bahasa 2023

2023-10-30 14:08:29 534 Dilihat

Festival Bulan Bahasa 2023

Pada Tangga 24 - 25 Oktober, SMKN 2 Menyelenggarakan Festival Bulan Bahasa 2023. Oktober adalah bulan para pemuda karena pada bulan tersebut, 95 tahun yang lalu, para pemuda Indonesia membulatkan tekad dengan tiga sumpahnya. Pertama, kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia. Kedua, kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia. Ketiga, kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Sebagai generasi penerus tentu saja kita harus senantiasa memaknai peristiwa heroik itu, khususnya butir ketiga, yaitu melalui kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra. Bulan Bahasa dan Sastra (BBS) Tahun 2023 tidak hanya diselenggarakan untuk memperingati 95 tahun Sumpah Pemuda, tetapi juga untuk membina dan mengembangkan bahasa dan sastra Indonesia, memelihara semangat, dan meningkatkan persatuan Indonesia sebagai sebuah bangsa besar yang sehat. Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui berbagai aktivitas kebahasaan dan kesastraan yang melibatkan beragam pihak, mulai dari ekosistem pendidikan, insan dan komunitas pegiat dan pemerhati bahasa dan sastra, lembaga, hingga masyarakat umum.

Tema BBS 2023 adalah “Bangkit Bersama”. Gerakan dan pemikiran visioner pemuda Angkatan 1928 dalam menyepakati sebuah sumpah untuk menjunjung bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dapat dijadikan titik tolak semangat kebangkitan tersebut. Melalui tema tersebut, kita mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melestarikan semangat Sumpah Pemuda serta bahu-membahu bangkit dari pandemi. Pandemi yang di satu sisi membawa penderitaan dan kesengsaraan juga memberikan pelajaran bahwa kita harus mampu beradaptasi dan berinovasi untuk menghadapinya. Semangat bangkit bersama itu tecermin dalam berbagai kegiatan BBS sebagai ajang mengapresiasi, berdiskusi, berkompetisi, dan berbagi informasi.