Seminar Bela Begara

2016-10-01 00:00:00 649 Dilihat

Seminar Bela Begara

Rabu, 28 September 2016

Ketahanan nasional merupakan kemampuan suatu bangsa dan negara untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan guna mencapai kesejahteraan dan melanjutkan pembangunan yang berkesinambungan. Sebagai landasan konseptual Ketahanan nasional didasari oleh Pancasila sebagai landasan ideal dan UUD sebagai landasan konstitusional. Ketahanan nasional dalam paradigma pembangunan nasional merupakan suatu ajaran yang diyakini kebenarannya oleh seluruh bangsa Indonesia serta merupakan cara terbaik yang perlu diimplementasikan secara berlanjut dalam rangka membina kondisi kehidupan nasional yang dicitakan.

Melalui bela negara, pemuda mempunyai peran menuju perubahan yang lebih baik. Peran tersebut dimulai dari diri sendiri, mengasah kemampuan dan pengetahuan dengan perubahan pola pikir, pola sikap dan pola tindak untuk kemandirian. Dukungan lain berupa implementasi revolusi mental yang bertumpu pada ketahanan dan kemampuan bangsa sendiri, sehingga tercipta sumber daya manusia khususnya pemuda yang berkualitas sehingga tidak mudah terombang ambing oleh gejolak yang bersifat internal maupun eksternal.

Terciptanya tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan faktor yang sangat penting agar masyarakat tidak rentan, memiliki daya tahan dalam menghadapi setiap gejolak serta memiliki kemampuan untuk berusaha dan bertumpu di atas kekuatan lokal dan keunggulannya sendiri. Tertanamnya rasa kebanggaan yang tinggi atas seluruh sumber daya dan kekayaan alam serta budaya bangsa pada pemuda dapat dijalankan melalui proses pendidikan yang terencana dan terarah.

Untuk mengatasi persoalan diatas diperlukan optimalisasi bela negara bagi pemuda sebagai upaya pengembangan sumber daya yang dimiliki dalam negeri (resource based), baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam dengan memberi perhatian jauh lebih besar pada sistem pelatihan maupun pengembangan.
Sub Tema

  • Green Teknologi untuk kemandirian bangsa
  • Peran Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) di era MEA
  • Konservasi budaya dalam memasuki era MEA
  • Pembentukan karakter bangsa melalui Pendidikan
  • Peran mipa berwawasan konservasi di era MEA
  • Pembangunan berkelanjutan di era MEA
  • Filterisasi pengaruh global melalui IT


Maksud dan Tujuan
Maksud: menemukan konsep, langkah, cara strategis dalam rangka meningkatkan dan menguatkan Bela Negara melalui Konservasi menghadapi MEA.

Tujuan :
1. Menemukan pokok-pokok pemikiran yang dapat dijadikan bahan masukan dalam merumuskan konsepsi optimalisasi Bela Negara melalui Konservasi dalam rangka MEA
2. Mempersiapkan pemuda beserta semua elemen masyarakat, pemerintah, dunia pendidikan, serta stake holder lainnya untuk menegaskan perannya dalam upaya menghadapi MEA
3. Meningkatkan kemampuan, potensi dan sumber daya pemuda untuk membangun bangsa melalui perilaku konservasi baik fisik maupun non fisik