Jakarta, 21-23 Oktober 2016

LDKS SMKN 2 Jakarta selalu mengesankan dan meninggalkan banyak pengalaman. Mulai dari tempat yang menyerupai tempat pelatihan militer dan fasilitator yang berasal dari anggota marinir yang keras juga tegas, sampai permainan yang dikemas untuk melatih kekompakan serta ketangkasan kita.

Di hari pertama setelah sampai di Bumi Perkemahan Cimandala, Cibinong. kami di sambut oleh pihak Cimandala dengan sangat terhormat dan setelah itu kami dibawa ke “lapangan”.

Kegiatan yang pertama adalah upacara pembukaan. Dilanjutkan dengan beberapa pengenalan lagu-lagu oleh fasilitator dan pembagian kelompok. Lanjut dengan materi kepemimpinan tentang apa itu pemimin, bagaimana sikap pemimpin, serta sifat dan perilaku yang harus ditunjukkan sebagai seorang pemimpin. Ternyata untuk menjadi seorang pemimpin kita harus lebih banyak mendengar dari pada berbicara, mempelajari sesuatu lalu mengajarkannya (Learn-Do-Teach), harus memberi contoh dari pada menuntut orang lain meng-erjakannya, dan bersikap rendah hati terhadap siapapun. Wahh.. Kayaknya susah juga ya jadi seorang pemimpin itu.. 

(Langsung ke malamnya) Ini yang dtunggu-tunggu. Kegiatan yang paling seram disbanding kegiatan lainnya, Jerit Malam, Hihihihi…Semua peserta langsung dibawa ke Lapangan. Semua peserta dibariskan kemudian masing-masing mata ditutup dengan setangan leher lalu tiarap di lapangan. Padahal semua pas  pakai baju yang bagus-bagus lho… Eh, disuruh tiarap, hihihi..

Waktu sudah menunjukkan pukul 22.30 WIB. Satu persatu peserta diberangkatkan, berjalan sendirian di tengah hutan tanpa penerangan untuk menjalankan misi dari fasilitator. Tak sedikit yang ketakutan sampai menjerit fenomenal. Bahkan ada pingsan juga. Sampai akhirnya pukul 00.00 WIB lebih. Peserta terakhir berangkat. Memang menyeramkan, tapi semua peserta sangat terkesan dengan kegiatan ini. Itung-itung nambah keberanian. 

Keesokan harinya di hari kedua juga tak kalah seru, pagi-pagi buta kami sudah harus bangun untuk beribadah lalu berkumpul di Lapangan untuk senam pagi (senam poco-poco). Setelah itu semua peserta diberi waktu untuk bersih diri. Dan selanjutnya kami dibawa ke Aula untuk sarapan pagi kemudian dilanjut dengan PBB lagi di lapagan. 

Dan inilah kegiatan yang paling ditunggu tunggu, yaitu outbond, game dan lainya. Di momen ini banyak keseruan dan teriakan bahagia dari setiap peserta. Kerja sama antar peserta mulai terlihat dan kekompakan pun semakin erat. Tapi sayangnya itu adalah game yang terakhir.

 

Satu hal yang perlu diingat, untuk menjadi seorang calon pemimpin yang baik, jadilah “THE MAN ON TOP OF THE MOUNTAIN DIDN’T FALL THERE” yang bermakna “Seseorang yang sukses dan mencapai puncak atas kesuksesannya bukan dijatuhkan disana (puncak) melainkan mereka mendaki untuk mencapai kesuksesan tersebut”. Puitis bangett…

Kepemimpinan seseorang bertumbuh setiap hari. Mulai dari diri sendiri, lebih aktif bertindak daripada berbicara, dan menyadari proses perubahan setiap saat. Dan itu butuh waktu minimal 90 hari. Semoga LDKS 2 hari ini dapat mengawali 90 hari itu. Dan semoga LDKS kali ini bisa membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik, bertanggungjawab, dan berjiwa pemimpin yang baik untuk kedepannya. Aamiin…

Berikut Dokumentasinya ..

For more Documentation clik here